IMG-20190520-WA0008

Mahasiswa KKN Mandiri Fahum UIN Raden Fatah Bina Kreatifitas Masyarakat Kricak

FAHUM-UINRF,– Sebanyak 62 orang mahasiswa prodi ilmu perpustakaan FAHUM UIN Raden Fatah Palembang sedang laksanakan KKN Mandiri berbasis prodi ilmu perpustakaan & pengembangan potensi lokal berkarakter bersama ibu-ibu PKK Kelurahan Kricak RW.09 RT.43 Yogyakarta (24/7/18).
Yanto, M.Hum., M.IP (Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan) membenarkan bahwa saat ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Berbasis Riset Prodi Ilmu Perpustakaan dan Mengembangkan Potensi Lokal Berkarakter dilaksanakan di 3 kota Berbeda yakni Curup Rejang Lebong, Bandung dan Yogyakarta, terhitung sejak tanggal 9 Juli s.d. 18 Agustus 2018, dengan Pola “Lima Dua”. Yakni 5 hari (Senin-jumat) KKN di Perpustakaan, dan 2 hari KKN di masyarakat selama 40 hari terhitung tanggal 9 Juli – 18 Agustus 2018″.
Masih menurut Yanto KKN Mandiri di Kota Yogyakarta ditempatkan kelurahan Kricak, Kota Baru, Karangwaru, Cokrodiningrotan, Banyuraden. Sedangkan untuk di Bandung ditempatkan di kelurahan Sekeloa Bandung, dan kelurahan dan di daerah Curup Rejang Lebong di perpustakaan UGM, UIN Suka, UNY, UMY, UII, Atmajaya, ISI, Aisyiyah, Unjani, BPAD Yogyakarta, perpustakaan kota yogya, ITB, telkom university dan IAIN Curup, ujar Kajur Ilmu Perpustakaan.
Dengan penerapan Pola “Lima Dua”. yakni 5 hari (Senin-jumat) KKN di Perpustakaan, dan 2 hari KKN di masyarakat selama 40 hari terhitung tanggal 9 Juli – 18 Agustus 2018″. Dalam pelaksanaan KKN di Masyarakat Misroni, M.Hum. (Sekretaris Prodi Ilmu Perpustakaan) mengatakan dilaksanakan dirumah-rumah penduduk, diantaranya dikediaman rumah ibu Puji (salah seorang anggota ibu-ibu PKK), ujar Misroni.

Pemanfaatan dan Pengumpulan sampah rumah tangga yang dapat di daur ulang seperti kardus, Koran, botol minuman ringan serta kertas-kertas yang tidak digunakan lagi diolah menjadi barang yang bermanfaat, membuat tas dari bungkus antangin dan Koran, tempat buah, dan pembuatan lampion dari botol air mineral bekas. dan ada juga yang di jual kepada pengumpul barang bekas.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kerjasama Mahasiswa KKN Mandiri dan ibu-ibu PKK dari Kelurahan Kricak Yogyakarta, selain membina dan menanamkan jiwa kewirausahaan dan kepedulian terhadap lingkungan warga setempat. (ARI/BUDI)

Tags: No tags