Untitled Design

Talk Show Literasi : “Menciptakan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi”

HUMAS- IP FAHUM, – Library Science Community (LSC) sukses gelar Talk Show Literasi dengan tema “Menciptakan Minat Generasi Milenial Terhadap Literasi” dalam rangka memperingati Hari Lahir LSC yang ke – 2. Selain itu LSC juga mengadakan lomba mewarnai bagi anak TK dan SD usia 5 – 8 tahun di Auditorium OPI Mall Palembang. Peserta lomba mewanai dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori TK dan kategori SD yang masing – masing memperebutkan juara 1, juara 2, juara 3, dan juara harapan 1.

Talkshow kali ini diisi oleh penggiat literasi yang sudah melalang buana di bidang literasi yaitu Dr. H. Firman Freaddy Busroh, S.H.,M.Hum (Duta Baca Sumsel 2018) dan Hardi Saputra (Pendiri Sobat Literasi Jalanan Palembang) dengan moderator Husnul Khotimah yang merupakan mahasiswa ilmu perpustakaan yang juga anggota LSC.

Hardi atau yang lebih akrab disapa Kak Bubut ini mengungkapkan “sangat diperlukan pihak komunitas, swasta, orang tua untuk kampanyekan gerakan minat membaca. Orang tua sejak anak masih dini dapat mengenalkan baca kepada anak salah satunya dengan membacakan cerita atau dongeng kepada anak sehingga kita dapat menjadikan buku sebagai sahabat anak.” Ungkapnya.

Lanjut, ia juga mengatakan bahwa pesan pertama yang diturunkan didalam al Qur’an yaitu ‘Iqra yang artinya bacalah. Dan ia berharap, semakin sering orang tua membacakan cerita atau dongeng kepada anak, maka anak akan terbiasa dengan buku dan akan cinta dengan buku. Semakin banyak peran orang tua, komunitas, pemerintah, dan masyarakat maka mulai disebarkanlah virus membaca di desa ataupun kabupaten di  Palembang. Tahun 2019 dan seterusnya Sumatra Selatan dinobatkan sebagai provinsi yang mengkampanyekan literasi.

Begitupun yang dikatakan oleh Firman. Ia mengatakan “kerjasama pemerintah hadir untuk membantu mengkampanyekan literasi karena untuk meningkatkan minat baca tidak bisa dilakukan sendiri. Apapun kegiatannya itu jika tidak didasarkan rasa semangat yang tinggi maka tidak akan sia – sia saja, sebaliknya walaupun kegiatannya kecil namun didasarkan dengan semangat yang tinggi maka akan lancar” unjarnya. Ia berharap semoga komunitas ini (LSC) dapat menjadi penggerak literasi di Kota Palembang.

Acara ini di buka secara resmi oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Nor Huda, M.A. Turut hadir dalam acara ini Rosa Gitaria, M. Si (Ketua IPI Kota Palembang) dan Drs. Majelis Abu Hamid, M.S., L.S. Lalu tidak ketinggalan Kak Inug, storyteller yang turut menceritakan dongeng kepada anak – anak peserta lomba mewarnai dan anak – anak pengunjung OPI Mall. (NUR)

Tags: No tags