Peringati Hari Buku Internasional, Prodi Ilmu Perpustakaan Sukses Gelar Seminar Nasional

Humas- IP Fahum. Prodi ilmu perpustakaan memperingari Hari Buku Internasional dengan menggelar Seminar Nasional dengan tema “Peran Perpustakaan Dalam Mengelola Konten Digital Di Era Informasi” pada hari Rabu, 24 April 2019 dengan menghadirkan pembicara Hendro Wicaksono, M.Hum, Dr. Herlina, S.Ag.,SS.,M.Hum, Yanto, M.Hum., M.Ip dan Misroni, M.Hum.

Seminar hari buku internasional digelar di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, kurang lebih 80 orang menghadiri seminar ini diantaranya adalah mahasiswa ilmu perpustakaan, seminar ini juga dihadiri peserta dari luar UIN Raden Fatah perwakilan dari perpustakaan Universitas PGRI Palembang, SIT Al-Furqon Palembang, SMAN Sumatera Selatan, SMAN 15 Palembang, SMA BSI Palembang, SMAN 1 Pemulutan Barat, Akbid Al-Suaibah, SMKN 3 Kayuagung, Sekolah Maitreyawira, dan Universitas Katolik Musi Charitas Palembang. Keikutsertaan Pustakawan dari berbagai lembaga pendidikan ini menunjukkan antusiasme pustakawan dalam memperingati World Book Day.

Seminar nasional dibuka oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Nor Huda, M.Ag., M.A  dalam sambutanya beliau menekankan perlunya kepedulian masyarakat terhadap pustaka dan arsip dalam mendukung tri darma perguruan tinggi. kemudian acara dimualai dengan seminar dengan pembicara pertama Misroni, M.Hum dengan tema “komunikasi jasa informasi di era digital” dalam pemaparannya beliau menekankan bahwa pustakawan harus memiliki sikap terbuka terhadap siapa saja teutama kepada pemustaka sehingga tercipta komunikasi yang efektif antara pustakawan dengan pemustaka. Acara seminar kemudian dilanjutkan  dengan pembicara kedua yaitu Yanto, M.Hum., MIP tema “Peran Jasa Informasi di Era milenial” dalam pemaparannya beliau mengungkapkan tenrang macam-macam alat distribusi jasa informasi di perpustakaan, dilanjutkan dengan pembicara ke 3 yaitu Hendro Wicaksono, M.Hum tema “Otomasi Kearsipan dengan OpenRecords” beliau memaparkan tentang pentingnya kesadaran tentang arsip dan pengelolaan arsip dengan menggunakan software open source yang dimakan OpenRecords.  Pembicara ke 4 Dr. Herlina, M.Hum tema “Perpustakaan dan Digitalisasi Naskah: Upaya Penyelamatan Khasanah Intelektual Local Genius” beliau memaparkan tentang perlunya alih media sebagai media  untuk preservasi naskah kuno. Seminar ini memberikan pengetahuan baru kepada pengelola informasi termasuk pustakawan atau arsiparis untuk mengelola konten dan arsip supaya dapat dikelola dengan lebih mudah.  

download materi seminar hari buku 

Tags: No tags