Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan Angkatan 2016

Jumat, (24/05) diselenggarakan acara Pembekalan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan bertempat di Aula Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Acara ini dilaksanakan bertujuan guna memberikan bekal bagi para mahasiswa ilmu perpustakaan dalam melaksanakan PKL yang akan dijalani pada bulan Juni 2019.

Acara ini dibuka langsung secara resmi oleh Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Dr. Nor Huda, M.A. Dalam sambutannya ia mengatakan “PKL tidak semata-mata hanya untuk mengimplikasikan ilmu dan teori yang telah didapat di bangku kuliah saja, namun juga sebagai wadah latihan kalian saat terjun ke dunia kerja di masa depan. Selain itu PKL juga sebagai sarana untuk melatih kemampuan atau skill tertentu yang dijadikan salah satu syarat saat mencari pekerjaan. PKL juga dijadikan forum sosialisasi ke masyarakat untuk mengenalkan prodi ilmu perpustakaan yang mampu bekerja baik itu keterampilan psikis dan kognitif.” 

Pembekalan PKL kali ini diisi materi dari Ibu Dr. Herlina yang juga dosen Ilmu Perpustakaan. Dalam materinya ia menyebutkan tentang beberapa tujuan dari PKL yang beliau sebutkan, yaitu (1) menerapkan ilmu dan teori yang  telah diperoleh selama perkuliahan seperti manajemen, klasifikasi, pengolahan bahan pustaka, sarana penelusuran informasi, dsb. Semua ilmu ini akan berguna bagi perpustakaan dan bagi kita sendiri. (2) menambah wawasan, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana keadaan dunia kerja yang sebenarnya akan ditemukan pada saat PKL. (3) menambah kompetensi yang belum pernah didapatkan di bangku kuliah, (4) mengembangkan keahlian yang dimiliki, (5) mengasah kreatifitas, (6) melakukan perubahan, (7) yang sebenarnya tujuan dari PKL ini yaitu membuat prodi ilmu perpustakaan ini dikenal banyak orang dengan pandangan yang baik. Jangan sampai mahasiswa malah mengecewakan, seprti malas-malasan di perpustakaan tempat ia PKL, tidak mengaplikasikan ilmunya, hal seperti ini dapat memberi citra buruk bagi prodi, fakultas, bahkan universitas.

Ibu Rosa Gitaria, Pustakawan Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan juga memberikan materi seputar perpustakaan. Dalam materinya ia mengatakan “sebelum PKL, kita harus tau dengan jenis perpustakaan tempat kita PKL, karena peran dan tugas 1 jenis perpustakaan berbeda dengan jenis perpustakaan yang lain, baik dalam jenis koleksinya, manajemennya, dsb. Kita juga bisa memberikan saran kepada pustakawannya bila ada beberapa perubahan yang mereka belum ketahui, seperti perubahan sistem klasifikasi pada notasi koleksi fiksi bukan 813 melainkan 899.221 3 , lalu juga bisa memberikan saran perbaikan dan rekomendasi bila perpustakaan tersebut belum memiliki sistem katalog online atau SLiMS, bisa juga memberikan saran pengembangan ke versi terbaru. Semuanya dapat dilakukan dengan syarat, cara menyampaikannya harus dengan sopan, baik, dan benar agar pihak perpustakaan dapat mempertimbangkannya. Hal inilah yang dinamakan dengan pengembangan perpustakaan.”

Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa ilmu perpustakaan angkatan 2016, ikut hadir pula angkatan 2017 yang juga akan melaksanakan magang selama 2 minggu. Sehingga ± 110 orang menghadiri acara pembekalan PKL ini.

Tags: No tags