Kegiatan KKN Mandiri Prodi Ilmu Perpustakaan Berbasis Prodi : kegiatan literasi di kelurahan Cokrodiningratan RW.05 RT.21 Yogyakarta.

Pada tanggal 9 Juli 2018 sampai dengan tanggal 18 Agustus 2018 Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri berbasis prodi di Kelurahan Cokrodiningratan RW.05 Yogyakarta. Berbagai macam kegiatan yang dijalankan Selama Program Kerja KKN Mandiri Berbasis Prodi Dilakukan. Salah satunya ialah kegiatan membuka lapak baca, yang di berinama Lapak Baca Uwong Literasi.

Kelompok KKN ini memberi nama Uwong Literasi dilatar belakangi oleh karena para mahasiswa Ilmu Purpustakaan ingin berbagi ilmu untuk menumbuhkan kreatifitas serta minat baca anak-anak dari sejak dini, dengan adanya Lapak Baca Uwong Literasi ini mahasiswa Ilmu perpustakaan yang melakukan KKN di RW.05 Kelurahan Cokrodiningratan ini agar bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat setempat. Tak dipungkiri dari awal melakukan kegiatan antusias masyarakat terkhusus anak-anak dalam mengikuti kegiatan-kegiatan  yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Ilmu perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Raden Fatah  dapat diterima dengan baik.  Dan program yang adapun terjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Dalam Program Lapak Baca Uwong Literasi adapun kegiatan yang dijalankan yaitu mewarnai, membaca buku, bermaain tanya jawab/cerdas cermat, dan  permainan ular tangga. Program ini dilakukan agar membangun minat baca masyarakat terkhususnya bagi anak-anak serta menumbuhkan nilai kreatifitas pada anak-anak dari sejak dini di Kelurahan Cokrodiningratan RW.05. Dengan cepatnya teknologi modern yang telah berkembang saat ini, dikhawatirkan akan hilangnya minat baca anak-anak untuk menggali ilmu. Bertemakan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan teknologi informasi di perpustakaaan dan memberdayakan minat baca masyarakat Kelompok KKN Uwong literasi tidak hanya terpaku kepada minat baca. Dalam hal ini ada strategi khusus yang dilakukan untuk Mendorong masyarakat untuk menuju ke minat untuk membaca dan menumbuhkan kreatifitas.

Sebelum memberdayakan minat baca masyarakat, kelompok KKN Uwong Literasi melakukan analisis keadaan dengan melakukan survei ke rumah-rumah masyarakat berbaur dengan masyarakat setempat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan yang diperlukan untuk mewujudkan terciptanya masyarakat yang gemar membaca, lalu setelah mengetahui informasi yang didapatkan selanjutnya berbaur dengan anak-anak sekitar untuk melakukan pendekatan terhadap masyarakat dengan melalui anak-anak. Hal inilah yang dilakukan Kelompok KKN Uwong Literasi sebelum melakukan program-program yang sudah dibuat. Hal ini efektif karena dari anak-anak sendiri, kita memulai dan mengenal untuk minat membaca. Dan juga anak-anak tersebut akan menyampaikan kepada orang tuanya bahwa ia mulai menyukai membaca serta ada hal-hal baru yang mereka ketahui dan mereka dapatkan dari Lapak Baca Uwong Literasi. Dan orang tua akan terbawa untuk mengikuti kegiatan positif yang dilakukan oleh anak mereka.

Dengan teori inilah landasan bagi Kelompok KKN Uwong Literasi dalam melakukan kegiatannya. Kegiatan positif ini juga didukung berbagai pihak yang ada di Kelurahan Cokrodiningratan RW.05. Selain Melakukan Kegiatan membuka Lapak Baca Uwong Literasi. Kelompok KKN Uwong Literasi juga membangun silaturahmi dengan Masyarakat sekitar dengan membuka pengajian setiap malam minggu di Musholla At-Taubah yang terletak di tengah masyarkat, dengan membangun silaturahmi ini berharap tidak menghilangkan nuansa islami yang telah melekat dengan Universitas Islam Negeri. Dan juga Kegiatan ini sangat antusias diikuti masyarakat karena selain minat baca yang kurang masyarakat sekitar juga memerlukan pembelajaran mengenai agama salah satunya membaca Al-Qur’an.

Sebagaimana didalam Surah Al-Alaq ayat satu. Iqro’ artinya membaca mengajarkan bahwa setiap manusia untuk menggali ilmu sebanyak mungkin melalui membaca. Jadi dengan adanya Lapak Baca Uwong Literasi ini orang tua tidak akan terbantu untuk menumbuhkan minat baca serta  pada anak-anak mereka, waktu libur anak-anak pun tidak akan terbuang sia-sia bahkan dengan adanya Lapak Baca Uwong Literasi Ini karena banyak hal positif yang dapat mereka dapatkan. Mahasiswa Ilmu perpustakaan yang sedang melakukan KKn pun dalam menjalankan program kerja mereka tidak hanya mengajari tentang membaca ataupun menulis tapi mahasiswa Ilmu perpustakaan pun membangun kedekatan emosional dengan anak-anak setempat untuk menumbuhkan kreatifitas ataupun mengasah bakat yang ada pada anak-anak di RW.05 Kelurahan Cokrodiningratan.

Jadi dengan dengan adanya Lapak Baca Uwong Literasi ini anak-anak tidak akan kehilangan masa-masa kanak-kanak mereka di era globalisasi yang teknologinya sudah canggih. Dan dengan adanya Lapak baca Uwong Literasi ini mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Raden Fatah Palembang akan berusah memberikan yang terbaik untuk masyarakat setempat terutama pada anak-anak yang menjadi generasi muda penerus bangsa ini.

 

Tags: No tags